Rabu, Februari 21
About

Almarhum Jemek Supardi Dimakamkan di Pemakaman Seniman Giri Sapto 

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INIJOGJA.NET – Jenazah almarhum pantomimer Jemek Supardi hari ini, Minggu 17 Juli 2022, pukul 13.00 akan dimakamkan di Pemakaman Seniman Giri Sapto, Imogiri Bantul.

Menurut rencana, sebelum pemakaman akan diadakan Misa Arwah di gedung PUKY ruang AB pada hari ini pukul 10.00 WIB dipimpin oleh Romo G. Budi Subanar SJ.

Dari gedung PUKY (Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta) Ngestiharjo, Kec. Kasihan Bantul, dilanjutkan proses pemakaman di Makam Seniman Giri Sapto Imogiri.

Jemek Supardi adalah seniman Yogyakarta yang terkenal dengan karya-karya pantomim kritik sosialnya. Almarhim meninggal dunia pada Sabtu sore 16 Juli 2022 sekitar pukul 17.30 WIB.

Agus Haryanto, salah satu perwakilan keluarga mengatakan, setahun terakhir almarhum Jemek bermasalah dengan pernapasan, mudah sesak nafas.

“Meninggal di rumah, tidak di rawat di rumah sakit, karena kondisinya ya biasa aja. Dan saat itu tidak ngedrop juga kesehatannya,” ujar Agus.

Jemek terkenal sebagai seniman yang nyentrik. Oleh kalangan seniman muda ia akrab mau membagi ilmu dan sangat senang melihat ada anak muda bersemangat menekuni dunia pantomim.

Budayawan Cak Nun saat takziah di rumah duka, mengatakan almarhum adalah tipe orang yang selalu menggembirakan orang lain.
“Pekerjaan utamanya membuat kita tertawa, bahagia. Dan dia sendiri dipanggil Tuhan dalam keadaan bahagia dan gembira,” tutur Cak Nun.

“Kita belum tentu, kita mungkin menggembirakan orang lain tapi kita sedih. Tapi kalau Jemek ini dia menggembirakan dan dia sendiri senang,” imbuhnya.

“Sekarang kita antarkan beliau, meluruskan wajah, kita dengan cara masing-masing ikut mengantarkan beliau kepada Tuhan,” ujarnya.***

Share.

About Author

Leave A Reply