Senin, September 25

Musik Indie “Mukamu” Sambut Ramadan Lewat Kreatifitas Mini Album Dadakan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Darah seni memang sulit dibendung, tak terkecuali di tengah pandemi sekalipun. Lawan kejenuhan, empat orang kreatif dibantu oleh  beberapa penggiat musik justru menghadirkan kreatifitas musikalisasi spontannya lewat kalan Youtube “Mukamu”. Mini  album Indie bertajuk   “Sambut Bulan Suci Ramadan” digarap spontan bersama sebagai persembangan untuk penggemar musik mengawali bulan Ramadan kali ini  “Sambut Bulan Suci Ramadan”.

Mini album musik Indie  Ramadan tersebut diluncurkan melalui kanal media sosial Youtube “Musik Aku dan Kamu” (Mukamu) di awal Ramadan, 3 April 2022. Dalam mini album tersebut ke-empatnya memperkenalkan empat lagu Indie  anyarnya bertema Ramadan.

Menurut Tanti Hundoro salahsatu kreator mini album tersebut, mini album “Sambut Bulan Suci Ramadan” tercipta dari spontanitas dari  situasi kondisi pandemi selama beberapa waktu belakangan ini. “Pandemi membuat  banyak sekali di antara kita yang terpaksa bekerja di rumah (Work From Home). Situasi ini tentu lama kelamaan menjenuhkan, sehingga karena sama-sama sering berkumpul di depan alat musik rumah, kami secara spontan  mengkreasi beberapa lagu yang ternyata menurut  beberapa sahabat bermusik kami cukup  cozy  dan easy listening untuk dinikmati banyak orang saat memasuki Ramadan”, ujar Tanti Hundoro.

Mini album “Sambut Bulan Suci Ramadan  memunculkan empat  lagu yang dibuat bersama secara dadakan/spontan.  Berawal dari kejenuhan pandemi, empat “orang kreatif” yang terdiri dari  aktivis  musik dan vokal  “Mukamu” berbagi  pesan ketika  “terjebak di rumah”.  Tanti  Hudoro yang merupakan guru vokal dan sempat  menjuarai sejumlah lomba paduan suara di manca negara didaulat secara spontan sebagai penulis lagu. Sementara itu, praktisi komunikasi periklanan Agung Irfan mendapatkan tugas dadakan sebagai penulis lirik

Dalam hal mengembangkan produk audio visual, tangan terampil milenial mahasiswa komunikasi  Bagasaji Narendrojati yang juga memiliki hobi mengolah vokal berperan mendokumentasikan seluruh  aktivitas pembuatan lagu.  Sementara itu, urusan sound dipercayakan kepada musisi  Freddy Lengkong yang memiliki pengalaman dalam urusan tata suara. Ke-empat  aransemen lagu “Sambut Bulan Suci Ramadan” penggarapannya dilakukan oleh Afdhal Dzikri yang akrab  dipanggil Kromong.

Agung Irfan, Tanti Hudoro, Bagasaji Narendrojati, dan Freddy Lengkong  sepakat membuat kanal youtube dengan konsep membuat lagu secara  dadakan (spontan). Dalam kanal   “Musik Aku dan Kamu” alias “Mukamu” tersebut empat aktivis musik dan vokal tersebut menghadirkan 4 lagu Ramadan, yaitu   “Marhaban Ya  Ramadan”, Puasa Puasa Puasa”, “Jangan Lupa Sahur” dan “Lebaran Telah Tiba”.

“Mukamu kadang dibantu oleh para sahabat yang ingin ikut berkolaborasi. Dari untuk mengusir rasa jenuh, ternyata membuat konten lagu dadakan membuat  kami lebih terpacu untuk konsisten produktif dan kreatif. Peluncuran konten petama di  kanal Youtube dilakukan  pada bulan Juni 2020, dan hingga kini Mukamu telah menghasilkan hampir 100 lagu dasar”, jelas  Tanti Hundoro.  Dari sejumlah lagu dasar tersebut telah diaransemen dan dirilis dalam  bentuk single di platform digital, antara lain “Cerita Senja di Sebuah Kafe” “Di Da Di Da Da”, “Aku Ingin Menjadi, “Anakku Sayang”, “Noktah di Padang Arafah”, dan“Bacalah”.

Share.

About Author

Leave A Reply