Jumat, Juli 19
About

Menteri Kominfo, Berpikir Visioner agar Menjadi Pemain di Kompetisi Global

Pinterest LinkedIn Tumblr +

 

INIJOGJA.NET.YOGYA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan, berpikir visioner menjadi penting agar tidak menjadi pasar melainkan menjadi pemain di kompetisi global, tidak hanya dalam lingkup nasional.

Demikian dikatakan Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam pidato Metavers pada acara Grand Launching Of The National Digital Talent Program yang mengusung tema “A Momentous Milestone to Scoring Stellar Digital Talents” sekaligus acara Digital Economy Working Group (DEWG) Indonesia 2022, di Hotel Marriot Yogyakarta, Selasa (17 Mei 2022).

Menurut Menteri Kominfo Johnny G. Plate bahwa hal ini menjadi latar belakang yang kuat untuk terus menyelenggarakan program pengembangan sumber daya manudia (SDM) bidang digital melalui program
Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA).

“Untuk mencapai hal tersebut, Kementerian Kominfo menyelenggarakan Digital Talent Schoplarship yang membutuhkan kerjasama semua bidang, mari bersinergi menuju Indonesia makin terkoneksi, makin digital semakin maju,” ujarnya.

Digital Talent Program besutan Kementerian Kominfo adalah sebuah program yang bertujuan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang digital. Ada dua Skema dalam program ini, yaitu Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA).

DTS terbagi menjadi 6 (enam) akademi, diantarannya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Professional Academy (ProA), Fresh Graduate Academy (FGS), dan Talent School Academy (TSA).

Sedangkan DLA merupakan program pengembangan SDM khusus untuk para pemimpin, baik dari sektor pemerintah maupun swasta dan praktisi di bidang digital. Secara khusus kedua program ini berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kominfo.

Gelaran launching program pengembangan SDM di bidang digital selain dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, juga ada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto, Sekretaris Balitbang SDM Kementarian Kominfo, dan Delegasi Negara-Negara Peserta DEWG 2022.

Selain itu tamu undangan sejumlah 400 partisipan terdiri dari 112 Rektor Universitas di Indonesia, 48 Mitra Digital Talent Scholarship, dan 240 dari pejabat dan pegawai Internal Kementerian Kominfo seluruh Indonesia.

Alasan Kementerian Kominfo mengundang 112 Rektor dari Universitas-Universitas di Indonesia adalah untuk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait pelaksanaan kegiatan Digital Talent Program dengan Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto dan Nota kerjasama dengan Sekretaris Balitbang SDM Kominfo, Haryati.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Yogyakarta Christiany Judhita K menyatakan kebanggaannya karena event besar berskala nasional ini diselenggarakan di Yogyakarta, yang termasuk dalam wilayah kerja balai yang dikepalainya.

“Tentu saja kami merasa bangga dan menyambut bahagia event ini, karena dapat menambah awareness sobat balai untuk bisa memanfaatkan program-program pengembangan SDM bidang digital dari Kominfo,” ujarnya.

Selain itu Christiany juga mengajak seluruh komponen masyarakat yang merupakan target DTS untuk selalu mengikuti informasi pelatihan yang diselenggarakan baik secara online maupun offline.

“Saya mengajak sobat balai semua untuk terus update info pelatihan di digitalent.go.id atau akun Instagram kami @bpsdmp.kominfo.yogya”imbuhnya. ***

 

Share.

About Author

Leave A Reply