Rabu, Februari 21
About

Kemampuan Mengelola Perekonomian Nasional Jadi Kriteria Sosok Presiden Penggati Jokowi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

TERAS MALIOBORO NEWS – Citra Network Nasional (CNN) baru saja menggelar survei berjudul “Mengukur Preferensi Publik terhadap  Capres-Cawapres  jelang Pemilu 2024”.

Menurut  Direktur Eksekutif CNN, Robby Rosyadi, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi terutama dalam bidang perekonomian nasional, sebanyak 74,7 persen merasa puas dan sebanyak 25,3 persen tidak puas dan tidak memberikan jawaban.

Sementara preferensi publik terhadap kriteria dan kemampuan dari sosok presiden yang mengantikan Jokowi, sebanyak 80,6 persen menginginkan sosok presiden penganti Jokowi memiliki kriteria dan kemampuan dalam mengelola perekonomian nasional, agar bisa meningkatkan kedaulatan ekonomi rakyat dan mampu membayar utang Indonesia yang menumpuk.

Sebanyak 80,7 persen menginginkan sosok yang memiliki kriteria dan kemampuan untuk bisa menyatukan masyarakat yang terpolarisasi akibat dampak pilpres 2024 nanti.

Hafidh Asrom Soroti Turunnya Daya Saing Paket Wisata Yogyakarta dan Kesejahteraan Kaum Rois

Hasil survei ini menemukan jawaban dan pilihan secara terbuka dan tertutup jika Pilpres digelar hari ini terhadap tingkat keterpilihan tiap tiap Capres – Cawapres.

Dalam pertanyaan terbuka kepada 2200 responden terkait pilihan pada ke 3 pasang calon Presiden – Wakil Presiden, nama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paling banyak dipilih jika pilpres digelar hari ini dimana dari 2200 responden yang sudah memiliki hak pilih sebanyak 39,4 persen memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kemudian sebanyak 22,8 persen memilih Ganjar Pranowo- Mahfud MD dan sebanyak 9,7 persen memilih Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Dan yang tidak menjawab sebanyak 28,1 persen.

Dan dalam pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner ketika diminta untuk memilih jika pemilihan presiden digelar hari ini, maka hasilnya pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dipilih secara tertutup sebanyak 52,7 persen lalu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 30,3 persen dan pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 13,4 persen dan tidak memilih sebanyak 3,6 persen.

Mahasiswa UGM Kembangkan Motor Listrik yang Lebih Bertenaga dan Efisien

Survei CNN menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 2.200 tersebar di 34 Provinsi. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,08 dengan level kepercayaan 95 persen. Survei dilaksanakan mulai 14-26 Januari 2024.

Sementara pengamat politik Timpal Daniel S  mengemukakan, terkait keinginan publik terhadap capres yg mampu mengelola ekonomi nasional dan sekaligus menutup hutang negara, pilihannya lewat survei ini yaitu 52 ,7% untuk 02.

Menurutnya, temuan ini mengkonfirmasi bahwa mereka yang memilih ini telah menangkap pesan kampanye 02 yang fokus untuk menuju Indonesia sebagai negara maju yang ditopang dengan perekonomian nasional yang mandiri dan kuat. 02 lewat program hilirisaai sangat memungkinkan menjadikan Indonesia tidak hanya menjadi negara eksportir bahan mentah, tapi meningkat sebagai negara produsen produk aneka barang dari turunan industri hilirisaai tersebut.

“Untuk mencapai posisi ini tentu saja akan menghadapi banyak perlawanan dari luar dan dalam negeri, untuk itu publik percaya dengan kemampuan Prabowo sebagai sosok yang tegas, berani dan kecakapan diplomasi dengan banyak negara, seperti yang dia sudah lakukan selama menjadi Menhan empat tahun ini,” ujar Daniel.

Satpol PP Kota Yogyakarta Tertibkan Ribuan APK yang Melanggar Aturan 

Khusus harapan  rakyat agar terhindar dari polarisasi yang akan mengancam persatuan dan keamanan buat semua rakyat Indonesia, kata Daniel, adalah harapan yang realistik mengingat potensi konflik sangat terbuka. Dari ketiga calon 01 dan 03 seperti air dan minyak dari perspektif sosiologis dan ideologis. Meskipun saat ini digadang  sedang membangun koalisi menuju putaran kedua, namun banyak yang sangsi, apakah selera elite itu sama dengan selera elite.

Setidaknya kita sudah mendapati jawaban  sejak Maret 2023 lewat temuan semua survei kandidat bahwa Prabowo selalu unggul head to head bila berhadapan dengan Ganjar maupun Anies. Bahkan setelah dipasangkan dengan cawapres sejak Oktober 2023, tetap saja pasangan 02 unggul bila terjadi head to head. Temuan survei ini publik konstan menilai bahwa pasangan tengah yang bisa meredam polarisasi dan keterbelahan di masyarakat adalah paslon Prabowo-Gibran.

“Hemat saya kemenangan 02 masih bisa diklaim oleh kekuatan politik dan pendukung dari 01 maupun 03, karena ada irisan-irisan pada tokoh-tokoh. Gibran secara ideologis lebih dekat PDIP sebagai gerbong utama 03 dan Prabowo relatif memiliki kedekatan historis pada pilpres 2019 dengan Islam populis yang kini sebagai pendukung 01,” ujarnya.

Terkait temuan survey CNN di ujung Januari 2024 jelang dua minggu hari pencoblosan 14 Pebruari 2024 yang menempatkan pasangan 02 peroleh 52,7 % yang artinya pilpres akan berlangsung satu putaran, hal ini sama dengan temuan polster lain yg menunjukan trend kenaikan elektabilitas 02 masih berlangsung dan ini juga berkolaborasi dengan temuan survey LSI Deny JA pada 30/1-2024 bahwa publik sebanyak 84 % ingin polres sekaliputaran. ***

Share.

About Author

Leave A Reply