Minggu, Februari 25
About

Jaga Stabilitas Harga dan Menjamin Kebutuhan Pangan, DIY Gencarkan Pasar Murah

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Inijogja.net – Guna menjaga stabilitas harga pangan dan mengendalikan harga pangan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggencarkan pasar murah.

Kegiatan pasar murah dilakukan di tingkat DIY hingga kalurahan. Hal ini seperti dilakukan di halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah DIY pada Selasa (18/10/2022), dan di Kalurahan Guwosari, Pajangan Bantul, pada Kamis besok (20/10/2022).

Pasar Murah pada Kamis besok diadakan di Alun-Alun Kalurahan Guwosari pada pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB, terbuka untuk masyarakat umum (tidak untuk tengkulak).

Pasar Murah ini juga dikaitkan dengan menyambut Hari Jadi Kalurahan Guwosari ke-76. Kegiatan diselenggaraksn Pemerintah Kalurahan Guwosari bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul.

Pasar Murah menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, gula, telur, tepung terigu, dan minyak Goreng dengan total 40 Ton dengan harga dibawah harga pasaran.

Pihak Kalurahan Guwosari mengingatkan kepada warganya bahwa pihaknya tidak menyediakan kantong belanja, sehingga warga diharapkan membawa kantong belanja masing-masing. Demi kenyamanan dan kesehatan wajib menggunakan masker dan menjaga jarak aman dan tertib.

Sedangkan Badan Urusan Logistik (BULOG) Kanwil Yogyakarta menggelar Pasar Murah Bahan Pokok di halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi DIY, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan ini untuk menjaga stabilitas harga pangan dan mengendalikan inflasi khususnya di DIY sekaligus memaksimalkan tugas BULOG dalam menjamin kebutuhan pangan masyarakat.

Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Yogyakarta M. Attar Rizal mengatakan Pasar Murah ini wujud kerja sama antara Perum BULOG dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi DIY dengan melibatkan sektor UMKM (usaha mikro kecil menengah), BUMN Pangan dan Perusahaan swasta di DIY.

“Harapan kami sebagai BUMN Pangan yang ingin dicapai adalah ketersedian bahan pokok terutama beras, minyak gula dapat tersedia bagi masyarakat dengan harga terjangkau sesuai dengan ketentuan pemerintah,” jelas Rizal.

Pada Pasar Murah itu disediakan beras premium sejumlah 500 Kg dalam kemasan 5 kg seharga Rp 46.500. Untuk beras medium tersedia 1,2 ton dibanderol Rp 42.500 per 5 Kg dalam kemasan. Sementara komoditas lain yang disediakan ada Minyak goreng 5 liter Gula Pasir 1 kg dan Terigu 1 kg. (Chaidir)

 

Share.

About Author

Leave A Reply