Jumat, Juli 19
About

Lestarikan Tradisi Padusan, Jogja Bay Gelar Jatilan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INIJOGJA.NET — Jogja Bay Waterpark menggelar tradisi padusan. Kegiatan dilaksanakan mulai Senin (28/3/2022) hingga Jumat (1/4/2022) guna menyambut datangnua Ramadan 1443 H. Acara yang digelar di South Beach ini dimeriahkan dengan pentas seni jatilan, pertunjukan angklung dan bubble foam party.

Staf Public Relation Jogja Bay Waterpark, Medha Zeli Elsita mengatakan tradisi padusan menjadi bagian dari tradisi masyarakat Jawa sejak zaman Raja Mataram Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tradisi ini merupakan rangkaian menyambut datangnya Ramadan. Makna padusan yang berarti menyucikan diri dan membersihkan jiwa dan raga dulunya dilakukan di sumber mata air dan kolam masjid.

“Saat ini masyarakat melaksanakan tradisi ini dengan mandi di tempat pemandian umum dan tempat wisata, salah satunya di Jogja Bay Waterpark yang selalu menyedot perhatian warga DIY dan Jawa Tengah,” kata Medha, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya, menjelang Ramadan sebagian besar pengunjung datang untuk berlibur dan merayakan tradisi padusan bersama keluarga. “Sebagai waterpark terbaik nomor tiga di Asia, Jogja Bay Waterpark menjadi salah satu tujuan wisata air di DIY. Banyak orang memilih Jogja Bay Waterpark sebagai tempat gelaran tradisi padusan bersama keluarga,” ujar Medha.

Selama tradisi padusan digelar, Jogja Bay Waterpark turut menggelar berbagai kegiatan menarik untuk memanjakan pengunjung yakni pentas seni jatilan, musik angklung dan bubble foam party. “Pentas jathilan digelar Rabu, musik angklung pada Kamis [31/3], dan bubble foam party di hari lainnya,” kata Medha.

Untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, Jogja Bay Waterpark yang telah mengantongi sertifikat CHSE dari Kemenparekraf selalu memberlakukan protokol kesehatan secara ketat dan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas. “Untuk mempersiapkan high season Lebaran, Jogja Bay menutup area wahana air di dua pekan pertama Ramadan untuk perbaikan. Pada 16 April 2022 Jogja Bay Waterpark menyajikan Festival Salam Ramadhan dan kembali beroperasi normal di hari kedua Idulfitri pada 2 Mei 2022,” katanya. (dir)

Share.

About Author

Leave A Reply