Minggu, Februari 25
About

Bantul Borong Penghargaan Lomba Desa Wisata DIY 2023

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INI JOGJA, Jogja — Kabupaten Bantul memborong penghargaan Lomba Desa/Kampung wisata tingkat DIY tahun 2023. Penyerahan hadiah berlangsung di Ballroom Eastparc Hotel Yogyakarta , Senin (21/8/2023).

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menyampaikan rangkaian, aspek dan mekanisme dalam penjurian sehingga bisa mendapatkan sebuah realita dari kegiatan desa wisata. Penilaian yang dilakukan menggunakan ASEAN standar sehingga sudah tersertifikasi.

“Kadang kala kita harus menyamar sebagai wisatawan untuk bisa mengetahui secara persis kondisi dan aktivitas di desa wisata tersebut sehingga penilaian yang kita lakukan adalah murni dari kegiatan di desa wisata yang ada di kabupaten dan kota,” ujar Singgih.

Artis Bollywood Aishwarya Khare dan Rohit Suchanti akan Kunjungi Kuliner Ikonik Jogja

Penyelenggaraan kegiatan pemberian penghargaan desa wisata adalah sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama oleh para pengelola desa wisata yang telah mengembangkan dan memajukan desa wisata.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengatakan bahwa sebelum mengerahkan sebuah desa, perlu melakukan kebijakan dalam sistem manajemen yang benar yaitu reformasi kalurahan. Hal ini dilakukan agar lurah dan seluruh perangkat di desanya turut berpendapat tentang bagaimana membuka lapangan kerja baru yang ada di masing-masing desa sesuai dengan potensi yang dimiliki, dengan harapan agar bisa mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Pertumbuhan dan perkembangan itu adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan agar seluruh warga masyarakat bisa menikmati kehidupan karena di desanya juga ada lapangan pekerjaan untuk ia lakukan. Seluruh masyarakat dari berbagai sektor mulai dari pertanian, peternakan, dan yang lainnya harus bergotong-royong dan menyatukan pemikiran dalam upaya untuk maju dan mandiri tanpa melupakan budaya lokalnya sebagai pijakan dalam membangun masa depan,” kata Gubernur DIY.

Komisi Fatwa MUI Nyatakan Wine Merek Nabidz Haram

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada desa-desa wisata di Bantul atas upaya yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan level desa wisata menjadi semakin dikenal, semakin baik pengelolaannya, dan semakin menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat di desa-desa.

Pada kesempatan tersebut, tiga perwakilan desa di Bantul yang mendapatkan penghargaan yaitu Lurah Pleret mendapat penghargaan pendamping desa terbaik dan juara 3 yel yel desa, Dewi Carakan Wijirejo, mendapatkan penghargaan pemandu wisata favorit nomor 2, Desa Wisata Srimulyo, Piyungan mendapatkan juara harapan 3 lomba desa wisata se-DIY, dan juara 1 Kategori Desa Wisata Naik kelas adalah Dewi Carakan, Wijirejo Pandak Bantul. ***

Share.

About Author

Leave A Reply