Minggu, Februari 25
About

3,9 Juta Pemudik Bakal Banjiri Lebaran 2022 di Yogyakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INIJOGJA.NET,YOGYA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dibanjiri 3,9 juta pemudik Lebaran 2022. Warga DIY diharapkan bersiap-siap menerima pemudik Lebaran sebagai tamu istimewa di kampungnya.

Sementara itu, pihak Ditlantas Polda DIY juga sudah bersiap menerima pemudik Lebaran 2022 dengan berupaya mengatur dan merekayasa lalu lintas guna menghindari kepadatan dan memperlancar arus lalu lintas. Sebab diprediksi kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4 akan bertambah.

Menurut Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi Iwan Saktiadi, angka 3,9 juta pemudik sangat dinamis karena bisa bertambah maupun berkurang seturut situasi ke depan. Namun, polisi memprediksi akan ada tambahan 500 ribu hingga 1 juta orang yang akan berwisata di wilayah DIY.

“Kami sampaikan masyarakat DIY untuk bersiap-siap, selain 3,9 juta yang mudik akan ada 500 ribu sampai 1 juta orang yang berwisata, jadi kita bisa bayangkan kepadatan Yogyakarta. Kami memprediksi situasi ini akan terjadi, apalagi kini sangat mudah untuk sampai destinasi Yogyakarta,” kata Iwan pada acara diskusi dengan wartawan DPRD DIY, Kamis (21/4/2022).

Polda DIY, kata Iwan Sajtiadi, sudah mempersiapkan berbagai upaya rekayasa lalu-lintas untuk antisipasi kepadatan kendaraan di momen libur Lebaran nanti. Polisi menyiagakan pos-pos pelayanan dan pengamanan di berbagai titik jalan DIY, juga mempersiapkan rekayasa.

“Untuk penerapan ganjil genap, itu menjadi opsi yang kami pilih ketika rekayasa sudah dilakukan masih padat, buka tutup juga masih padat lalu one way juga masih padat maka kita kurangi volume kendaraan dengan ganjil genap. Tidak menutup kemungkinan juga kalau masuk Jogja diterapkan ganjil genap, hanya saja kita melihat situasi nantinya,” ujar Dirlantas.

Di masa libur reguler yakni Sabtu-Minggu saja, jumlah kendaraan yang berada di wilayah DIY naik hingga 10 persen dengan situasi yang padat. Sementara di sisi lain, penambahan jalan di DIY sampai saat ini tercatat 0 persen.

“Ini yang perlu kita antisipasi. Kami sampaikan juga untuk warga DIY, bahwa kita harus siap-siap kedatangan banyak sekali pemudik dan wisatawan ya. Kami prediksi jalan-jalan padat, bukan macet ya, tapi padat,” ungkapnya lagi.

Iwan Saktiadi mengatakan, tahun ini pihaknya akan mendirikan 18 pos pelayanan (posyan) dan 18 pos pengamanan (pospam). Total personel yang diterjunkan untuk pengamanan dan pelayanan mudik Lebaran 2022 sebanyak 1932 personel.

Sedangkan jalur utama pintu masuk DIY berada di jalur utara yakni mulai dari Magelang-Tempel-Sleman-Ring Road Utara. Kemudian jalur masuk dan keluar DIY yang kedua berada di sisi Timur yakni Prambanan-Simpang empat Proliman-Maguwoharjo hingga ke Kota Yogyakarta .

Selanjutnya pintu masuk DIY yang ke tiga berada di sisi Barat atau jalur Purworejo ke Klaten melalui Temon-Jalan Wates-Gamping-Ring Road Utara. Jalur terakhir untuk masuk maupun keluar DIY berada di sisi Selatan yakni mulai dari Wonosari-Playen-Patuk-Piyungan- Kota Yogyakarta . (***)

Share.

About Author

Leave A Reply