Tempat Kuliner Bakmi Jawa Paling Asyik di Jogja

DAERAH Istimewa Jogjakarta tidak hanya terkenal dengan sebutan “Kota Gudeg”, tapi ada lagi kuliner yang menjadi idola para wisatawan dan warga Jogjakarta. Ada banyak kuliner yang tak hanya unik, tapi juga memiliki cita rasa yang khas dan mengesankan, termasuk di antaranya bakmi Jawa.
Ya, bakmi Jawa menjadi salah satu kuliner yang paling dicari oleh mereka yang berkunjung ke ‘Kota Kuliner’ ini. Bukan hanya karena mengenyangkan dan memuaskan penggemar kuliner, tapi juga memberikan kesan menghangatkan ketika menyantapnya. Cara memasaknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus memberikan cita rasa yang tidak biasa pada makanannya.
Bagi yang ingin menikmati bakmi Jawa di Jogja cukup mudah mencarinya. Di berbagai tempat dan sudut jalan banyak ditemukan tempat makan bakmi Jawa. Namun, jika ingin mencari tempat yang asyik untuk menikmati bakmi Jawa berikut ini nama-nama yang sudah popular dan akrab serta selalu banyak dikunjungi. Selamat menikmati.
Bakmi Jawa Mbah Gito di “Kandang Sapi”.
Lokasinya di Jalan Nyi Ageng Nis No 9, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Pengunjung bisa menikmati bakmi Jawa di “kandang sapi”. Tempat makan bakmi Jawa di Jogja yang tidak biasa ini “menyulap bekas kandang sapi menjadi warung dengan suasana yang adem ini menawarkan bakmi Jawa dengan kuah kental, taburan suwiran ayam, telur dan bawang goreng dengan rasa yang enak, sedap dan gurih. Bakmi gorengnya juga tidak kalah enak.
Bakmi Mbah Mo
Berada di Jalan Parangtritis KM. 11, Trirenggo, Bantul. Makan bakmi Mbah Mo akan merasa suasana yang berbeda lantaran alam pedesaan yang asri.
Yang pasti di tempat ini bisa membuat pengunjung mendapatkan kesan yang begitu indah dan mengasyikan. Bakmi Mbah Mo menawarkan bakmi Jawa yang gurih, sedap dan mengenyangkan.
Bakmi Jombor yang Spesial
Bakmi Jombor berlokasi: di seberang (timur) Terminal Jombor, Jalan Raya Magelang KM 6,5 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Bakmi Jombor merupakan salah satu warung bakmi Jawa di Jogja yang legendaris. Pengunjung bisa menikmati seporsi Bakmi Godog dengan rasa yang mantap. Ingin menu berbeda, Nasi Godog bisa menjadi alternatif yang layak direkomendasikan. Bakmi dengan nasi putih dan suwiran ayam kampung, taburan seledri dan bawang goreng dengan kuah berwarna cokelat menghasilkan rasa yang begitu nikmat.
Bakmi Jawa Pak Pele
Ada sejumlah warung Bakmi Pele, yaitu di Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Ada juga di Jalan Godean Sleman dan Bakmi di Kasongan Bantul.
Suwiran ayamnya tebal, kaldunya gurih dan tekstur mie yang kenyal membuat bakmi Jawa Pak Pele begitu melegenda. Tidak salah jika kuliner ini bisa bertahan hingga beberapa dekade dan menjadi populer di kota Jogja.
Bakmi Kadin
Lokasinya masih tetap sama yaitu di Senopati Jalan Bintaran Kidul No 6, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namanya sudah melegenda dan pengunjung akan selalu dianggap spesial jika mendatangi tempat ini. Setiap porsi yang dipesan selalu dimasak terpisah, jadi tidak ada yang namanya memasak dalam jumlah besar. Karena teknik ini, setiap porsi memiliki rasa yang istimewa. Karena teknik memasak ini juga, kamu harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati bakmi Kadin yang terkenal ini.
Bakmi Shibitsu
Lokasinya di Jalan Bantul No111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta Bakmi Jawa di Jogja yang ini cukup spesial, karena diracik oleh seorang tunawicara. Namun tidak perlu khawatir dengan kualitas rasa karena seporsi bakmi Jawa Shibitsu bakal bisa menghilangkan keraguan kamu. Maknyus banget!
Bakmi Mbah Hadi
Bakmi Mbah Hadi lebih dikenal karena bakmi gorengnya. Bakmi dengan tekstur besar ditambah telur bebek, seledri, kol dan suwiran ayam yang diolah di atas tungku menghasilkan bakmi goreng yang gurih dan nikmat. Pososi warungnya berada di Jalan C Simanjuntak No 1, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Bakmi Mbah Wito
Tempat makan bakmi Jawa di Jogja lainnya yang patut menjadi jujukan adalah bakmi Jawa Mbah Wito, yang berada di Gunung Kidul. Kaldu ayam yang gurih menjadi pemikat bakmi ini. Kaldunya juga diolah secara spesial, yaitu rebusan dari empat ayam Jawa pilihan ditambah 250 gr udang basah dan 250 gr gula batu. Hasilnya gurih dan nikmatnya bakmi ayam membuat Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat makan favoritnya.
Bagi yang penasaran datang saja ke Jalan Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Bakmi Mbah Noto
Campuran mie kuning dan bihun, ditambah bawang goreng, kecambah, telur dan daging dengan kaldu yang gurih dan enak serta hangat dijamin akan memberikan kesan mendalam akan bakmi Jawa Mbah Noto. Apalagi setiap porsinya dimasak terpisah, yang menjadikannya spesial. Kamu juga bisa menikmati ayam goreng bumbu bacem yang istimewa di sini, jika ingin menu alternatif dengan kualitas yang tidak kalah enak dengan bakminya.
Warungnya berad di Jalan Yogyakarta – Wonosari, Logandeng Playen, Gunungkidul.
Bakmi Jawa Pak Jiono
Saking enaknya, kamu harus antri untuk bisa mendapatkan satu porsi bakmi Jawa Pak Jiono. Jika ingin aman, kamu bisa menghubungi warung ini untuk melakukan pemesanan guna mendapatkan seporsi mie kuning dan bihun dengan kol, telur bebek dan ayam suwir, yang diguyur kuah yang nikmat dan gurih. Tempat makan bakmi Jawa di Jogja ini juga hanya buka pada hari biasa dan ikut libur di akhir pekan. Lokasinya di Mutihan, Kotagede, Jogjakarta
Bakmi Pak Geno
Lokasi warung yang sudah berdiri sejak 1952 ini berada di komplek Pasar Prawirotaman. Walaupun kecil dan tersembunyi, popularitas warung bakmi Pak Geno ini sudah begitu terkenal karena menjadi favorit dan langganan dari mantan Presiden Soeharto. Ingin tahu seperti apa bakmi Jawa yang menjadi kesukaan presiden kedua Indonesia itu? Langsung saja melipir ke sana. Dijamin tidak menyesal, deh! Warungnya berada di Jalan Parangtritis No.103, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta
Bakmi Lethek Mbah Mendes
Lethek memang berarti kotor dalam bahasa Jawa, namun bukan berarti kuliner ini disajikan secara tidak higienis. Tambahan cabai hijau, wortel dan tahu, serta suwiran ayam dan telur membuat bakmi terlihat kotor, tapi rasanya bisa diadu dengan yang lain. Racikan bumbunya membuat bakmi Jawa ini begitu nikmat dan gurih. Lokasinya di Sarirejo, Meguwo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman.
Bakmi Jawa Pak Rebo
Berdiri sejak 1960-an, bakmi Jawa Pak Tebo termasuk salah satu warung bakmi Jawa di Jogja yang legendaris. Kemampuan ‘chef’ Pak Rebo yang menjaga kualitas rasa bakmi yang gurih, nikmat dan sedap dengan campuran telur bebek, kaldu ayam dan suwiran ayam kampung yang spesial, menjadi alasan utama warung ini bisa bertahan beberapa dekade. Lokasi di Jalan Brigjen Katamso, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. (dir)

About Author

Leave A Reply