Minggu, Februari 25
About

Ratna Listy Tak Bisa Menahan Tangis Begitu Mendengarkan Lagu ‘Ibu’ Ciptaan Denny Prasetyo, Ternyata Ini Penyebabnya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

iniJOGJA.net – Awal 2023 menjadi spesial bagi Ratna Listy. Setelah vakum cukup lama akibat kesibukan yang cukup padat sebagai terapis spiritual bersama Panglima Langit, pemilik nama Ratna Sulistyaningsih ini kembali merilis single baru.

Lagu berjudul ‘Ibu’ itu adalah karya Denny Prasetyo yang dibuat khusus untuk Ratna Listy. “Meski ini lagu Jawa tetapi produsernya justru orang Batak,” ujar Ratna Listy kepada iniSurabaya.com (media jejaring iniJogja.net, Senin (27/2/2023).

Sang produser untuk single anyar ini adalah Julius Sitanggang, musisi legendaris dan dikenal sebagai penyanyi cilik di era-1980. “Waktu itu Julius dan Ibu Chris yang sama-sama orang Batak menawari saya untuk merilis lagu baru,” tuturnya.

Menurut Ratna, baik Julius dan ibu Chris ini sepakat bahwa karakter suara penyanyi asal Kota Madiun ini lebih punya ‘ruh’ jika melantunkan lagu-lagu Jawa. “Mereka sama sekali tidak mengkotak-kotakkan genre musik. Julius dan Bu Kris bahkan memberi ruang luas pada saya untuk berekspresi lewat langgam Jawa,” imbuhnya.

Lagu ‘Ibu’, kata Ratna, jika diresapi punya makna sangat dalam, terutama bagi mereka yang sudah ditinggal sosok ibu. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merindukan sang ibu yang selalu memandikannya dan mendongeng saat dirinya masih kecil.

Ketika jadi orang sukses, timbul kerinduan pada sang ibu yang sudah tiada. “Dia ingin sang ibu melihat dirinya yang sudah tumbuh jadi orang sukses. Rindu belaian ibu yang sering dirasakan di masa kecil,” urainya.

Makna dalam pada lagu itu pula yang sempat membuatnya tak bisa menahan air mata begitu mendengarkan lagu ini Ketika pertama kali menerima dari Denny Prasetyo. “Waktu kirim lagu itu dia bilang,’Nduk Kalau nanti nyanyinya jangan nangis ya’,” kata Ratna mengutip pesan yang disampaikan Denny Prasetyo.

Awalnya Ratna tidak paham maksud sang pencipta lagu tersebut. “Tetapi, begitu saya mendengarkan lagu itu, sudah langsung menangis. ‘Ya ampun mas, belum nyanyiin, ini baru dengar saja sudah nangis,” serunya kembali mengutip jawaban yang dia berikan kepada Denny.

Respons yang sama dia terima ketika membagikan link YouTube lagu ‘Ibu’ ini ke sejumlah teman dekatnya.

“Saya sempat ‘tes ombak’ kirim link ke teman-teman. Banyak yang komentar jadi ingat almarhumah ibu. Apalagi mereka yang orang Jawa dan paham liriknya,” ucap ibu dua anak ini. ap

Share.

About Author

Leave A Reply