Rachmat Gobel : Prospek Bisnis Bagus, Bakmi Jawa Harus Dipatenkan

 

BAKMI Jawa merupakan kuliner khas Gunungkidul yang memiliki citra rasa tersendiri sehingga banyak digemari. Saat ini penjual Bakmi Jawa sudah sampai di berbagai kota besar di Indonesia.

Di sisi lain, Bakmi Jawa memiliki prospek bisnis yang bagus dan menjanjikan. Oleh karena itu, menurut pengusaha nasional yang juga Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, agar Bakmi Jawa harus dipatenkan secara hukum.

Ravhmat berharap ada hak paten sehingga nanti tidak diklaim oleh pengusaha besar. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan karena bakmi Jawa memiliki prospek bisnis yang baik. “Jadi jangan sampai nanti ada klaim paten dari pengusaha besar,” kata Rachmat kepada wartawan usai bertemu dengan komunitas penjual bakmi Gunungkidul, Jumat (11/09/2020) malam.

“Jangan sampai direbut oleh pengusaha besar, ini tantangan bagi pemerintah serta para penjual bakmi agar brand ini bisa dipertahankan yang jadi sumber kekuatan dalam berusaha,” tegas Rachmat.

Ia berharap bakmi Gunungkidul bisa menjadi industri besar sehingga bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Rahmat mengakui kualitas bakmi Gunungkidul karena saat pertama kali mencoba langsung tertarik dengan cita rasa yang khas.

“Ada kekhasan bumbu dan kekuatan rasa yang khas dan enak. Saya yakin kalau dikembangkan bisa maka bisa lebih terkenal lagi,” kata Ketua DPP Partai Nasdem ini seperti dilansir pirtal Harian Jogja.

Ia pun menyarakan industrialisasi bakmi Gunungkidul. Di tahap awal, para penjual bisa membuat koperasi. Dengan badan hukum, pemerintah bisa leluasa memberikan program bantuan yang bisa dipergunakan anggota dalam pengembangan. Selain itu, dalam pengembangan juga memperhatikan kemasan sehingga menarik minat dari masyarakat. “Untuk kualitas, bakmi Jawa Gunungkidul tidak kalah dengan industri-industri mie besar yang saat ini ada di pasaran,” katanya.

Rachmat menambahkan pengembangan usaha kecil menjadi prioritas utama. Meski tidak menolak adanya investor, keberadaan industri kecil atau UMKM harus terus dilindungi. “Kesejahteraan rakyat adalah yang utama. Kita memang butuh investasi, tapi keberadannya jangan sampai melemahkan semuanya,” tegasnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi memberikan apresiasi atas kehadiran Rahmat Gobel. Ia pun sepakat bahwa industri kerakyatan harus menjadi prioritas utama. “Semua kebijakan pemerintah harus bermuara pada kesejahteraan rakyat,” katanya. (dir)

About Author

Leave A Reply