Puluhan Sekolah Digunakan untuk Barak Pengungsi

Inijogja.net | GUNA mengantisipasi membludaknya pengungsi dampak erupsi Gunung Merapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman dan Pemkab Magelang menyiapkan puluhan gedung sekolah sebagai barak pengungsian.
Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana menjelaskan, puluhan gedung sekolah yang akan digunakan sebagai barak pengungsian ini terdiri dari gedung TK, SD dan SMP di wilayah Kapanewon Cangkringan, Pakem, Turi dan Ngemplak.
Menurut Ery, nantinya gedung sekolah ini bisa digunakan pengungsi jika barak pengungsian yang disediakan sudah tidak mencukupi bagi jumlah pengungsi. “Jika barak pengungsian Glagaharjo sudah tidak mencukupi masih bisa menggunakan barak Gayam. Kemudian jika di barak Gayam tidak cukup, maka akan ditopang oleh SD Bronggang,” terang Ery, Kamis (12/11/2020).
Sekolah-sekolah yang disiap untuk menampung para pengungsi sudah disekat dengan triplek. Selain itu kamar mandi dan dapur umum juga disiapkan.
Hingga saat ini, sekolah yang sudah digunakan sebagai tempat pengungsian baru di SD Muhammadiyah Cepitsari. Menggunakan 2 ruangan kelas dan 6 toilet yang ada di sekolah. Sedangkan bagi siswa yang berada di pengungsian barak Glagaharjo merupakan anak-anak yang rumahnya dalam radius 5 kilometer dari puncak Merapi. Namun mereka bersekolah di SD Srunen, SD Glagaharjo dan SD Muhammadiyah Cepitsari. “Kalau untuk sekolah belum ada yang terdampak,” imbuh Ery.
Dinas sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah. Namun Ery berharap pihak Kalurahan akan membuat nota kesepahaman (MoU) dengan sekolah terkait. Sehingga pihak Kalurahan juga harus ikut bertanggungjawab atas kebersihan serta keamanan aset sekolah. Termasuk sterilisasi sekolah karena ini masa pandemi sehingga hal itu harus dipikirkan juga. “Kami sudah panggil UPT di masing-masing kapanewon, untuk mengondisikan MoU dengan pihak kalurahan,” tandas Ery.
Di Magelang juga sudah disediakan sejumlah sekolah untuk menampung pengungsi. Seperti  di Desa Ngerajen sekolahnya sudah diisi pengungsi.(dir)

About Author

Leave A Reply