Jumat, Juli 19
About

Proyek Kereta Cepat Direncanakan Hingga Surabaya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INI JOGJA– Pemerintah Indonesia tengah mengembangkan rencana ambisius untuk memperpanjang jaringan Kereta Cepat dari Jakarta hingga mencapai Surabaya, Jawa Timur. Ini akan menciptakan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, menghubungkan dua pusat bisnis utama di Indonesia.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dengan tegas mendukung rencana ini, menyatakan bahwa kedua kota ini memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia.

“Semoga yang disampaikan Pak Menteri (Perhubungan) bisa terwujud (kereta cepat) Surabaya-Jakarta. Karena bisnis banyak yang di Surabaya dan Jakarta,” kata Wali Kota Eri di sela event RUN HUB 2023 di Balai Kota Surabaya, dikutip Minggu (8/10/2023).

Panglima TNI Pastikan KTT AIS di Nusa Dua Tak Ganggu Aktivitas Wisata

Eri Cahyadi juga menggarisbawahi bahwa jika proyek ini berhasil, masyarakat akan memiliki pilihan moda transportasi yang lebih beragam, baik melalui pesawat maupun Kereta Cepat. Ini akan mengurangi ketergantungan pada satu jenis transportasi saja.

Meskipun belum ada pembahasan rinci antara Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Surabaya mengenai rencana ini, namun rencana tersebut telah dimasukkan ke dalam perencanaan Kementerian Perhubungan. Semua pihak berharap agar proyek ini dapat segera terealisasi.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menjelaskan, bahwa pihaknya telah diperintahkan Joko Widodo (Jokowi) Presiden untuk membuat blue print rancangan dari Bandung ke Surabaya. “Yang disampaikan Pak Jokowi, kami diperintahkan untuk membuat blue print dari Bandung sampai ke Surabaya. Tentu apa yang kita buat adalah satu konsep yang meneruskan apa yang sudah kita letakkan pada dasar transformasi dari kereta cepat,” kata Menhub Budi.

Bio Farma-Unpad Fasilitasi 10 Peneliti Negara OKI Ikuti Pelatihan Pembuatan Vaksin

Menurut Budi Karya Sumadi, perencanaan proyek ini melibatkan berbagai variabel, termasuk aspek biaya dan jalur yang akan dilalui oleh kereta cepat. Pemerintah berusaha mengoptimalkan proyek ini untuk memastikan efisiensi dan aksesibilitas bagi masyarakat.

Penting untuk dicatat bahwa proyek ini bukan semata-mata untuk tujuan komersial, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama antara sektor swasta dan pemerintah. Kereta cepat Jakarta-Surabaya akan menjadi tonggak penting dalam perkembangan infrastruktur transportasi Indonesia, membawa manfaat besar bagi ekonomi dan mobilitas masyarakat. ***

Share.

About Author

Leave A Reply