Minggu, Februari 25
About

Pernyataan Presiden AS yang Menggemparkan tentang Bom Hiroshima

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INIJOGJA.NET – Presiden Amerika Serikat Harry Truman mengeluarkan pernyataan ini setelah bom atom pertama dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 1945.

Pernyataann Harry Truman mengungkap Proyek Manhattan yang sangat rahasia dan menggambarkannya sebagai kesuksesan besar dalam sejarah sains dan peperangan.

Presiden Harry Truman membayangkan produksi dan penggunaan energi atom untuk kekuasaan di Amerika Serikat dan sebagai kekuatan untuk menjaga perdamaian dunia.

Berikut ini pernyataan Presiden Amerika Serikat Harry Truman, seperti dilansir story.com.

Enam belas jam yang lalu sebuah pesawat Amerika menjatuhkan satu bom di Hiroshima, sebuah pangkalan penting Angkatan Darat Jepang.

Bom itu memiliki kekuatan lebih dari 20.000 ton TNT. Itu memiliki lebih dari dua ribu kali kekuatan ledakan dari “Grand Slam” Inggris yang merupakan bom terbesar yang pernah digunakan dalam sejarah peperangan.

Jepang memulai perang dari udara di Pearl Harbor. Mereka telah dilunasi berkali-kali lipat. Dan akhirnya belum. Dengan bom ini kita sekarang telah menambahkan peningkatan kehancuran yang baru dan revolusioner untuk melengkapi kekuatan angkatan bersenjata kita yang semakin meningkat.

Dalam bentuknya yang sekarang, bom-bom ini sekarang sedang diproduksi dan bahkan bentuk-bentuk yang lebih kuat sedang dikembangkan.

Itu adalah bom atom. Ini adalah pemanfaatan kekuatan dasar alam semesta. Kekuatan dari mana matahari menarik kekuatannya telah dilepaskan terhadap mereka yang membawa perang ke Timur Jauh.

Sebelum 1939, itu adalah kepercayaan yang diterima para ilmuwan bahwa secara teoritis mungkin untuk melepaskan energi atom. Tetapi tidak ada yang tahu metode praktis untuk melakukannya.

Namun, pada tahun 1942, kami tahu bahwa Jerman sedang bekerja keras untuk menemukan cara menambahkan energi atom ke mesin perang lain yang mereka harapkan untuk memperbudak dunia. Tapi mereka gagal.

Kami mungkin berterima kasih kepada Providence bahwa Jerman mendapatkan V-1 dan V-2 terlambat dan dalam jumlah terbatas dan bahkan lebih bersyukur bahwa mereka tidak mendapatkan bom atom sama sekali.

Pertempuran laboratorium memiliki risiko yang menentukan bagi kita serta pertempuran udara, darat, dan laut, dan kita sekarang telah memenangkan pertempuran laboratorium seperti kita telah memenangkan pertempuran lainnya.

Mulai tahun 1940, sebelum Pearl Harbor, pengetahuan ilmiah yang berguna dalam perang dikumpulkan antara Amerika Serikat dan Inggris Raya, dan banyak bantuan yang tak ternilai untuk kemenangan kita datang dari pengaturan itu.

Di bawah kebijakan umum itu penelitian tentang bom atom dimulai. Dengan ilmuwan Amerika dan Inggris bekerja sama, kami memasuki perlombaan penemuan melawan Jerman.

Amerika Serikat telah menyediakan sejumlah besar ilmuwan terkemuka di banyak bidang pengetahuan yang dibutuhkan. Itu memiliki sumber daya industri dan keuangan yang luar biasa yang diperlukan untuk proyek dan mereka dapat mengabdikan diri untuk itu tanpa gangguan yang tidak semestinya dari pekerjaan perang penting lainnya.

Di Amerika Serikat pekerjaan laboratorium dan pabrik produksi, di mana awal yang substansial telah dibuat, akan berada di luar jangkauan pemboman musuh, sementara pada saat itu Inggris terkena serangan udara terus-menerus dan masih diancam dengan kemungkinan serangan udara. invasi.

Untuk alasan ini Perdana Menteri Churchill dan Presiden Roosevelt setuju bahwa adalah bijaksana untuk melanjutkan proyek di sini.

Kami sekarang memiliki dua pabrik besar dan banyak pekerjaan kecil yang ditujukan untuk produksi tenaga atom. Pekerjaan selama konstruksi puncak berjumlah 125.000 dan lebih dari 65.000 orang bahkan sekarang terlibat dalam pengoperasian pabrik. Banyak yang telah bekerja di sana selama dua setengah tahun.

Sedikit yang tahu apa yang telah mereka hasilkan. Mereka melihat sejumlah besar bahan masuk dan mereka tidak melihat apa pun yang keluar dari tanaman itu, karena ukuran fisik muatan ledakan sangat kecil. Kami telah menghabiskan dua miliar dolar untuk perjudian ilmiah terbesar dalam sejarah—dan menang.

Tetapi keajaiban terbesar bukanlah ukuran perusahaan, kerahasiaannya, atau biayanya, tetapi pencapaian otak ilmiah dalam menyusun potongan-potongan pengetahuan yang sangat kompleks yang dipegang oleh banyak orang di berbagai bidang sains ke dalam rencana yang bisa diterapkan.

Dan yang tidak kalah hebatnya adalah kemampuan industri untuk merancang, dan tenaga kerja untuk mengoperasikan, mesin dan metode untuk melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga anak otak dari banyak pikiran muncul dalam bentuk fisik dan melakukan seperti yang seharusnya dilakukan. .

Baik sains maupun industri bekerja di bawah arahan Angkatan Darat Amerika Serikat, yang mencapai kesuksesan unik dalam mengelola begitu beragam masalah dalam kemajuan pengetahuan dalam waktu yang luar biasa singkat.

Sangat diragukan apakah kombinasi lain seperti itu bisa disatukan di dunia. Apa yang telah dilakukan adalah pencapaian terbesar ilmu terorganisir
dalam sejarah. Itu dilakukan di bawah tekanan tinggi dan tanpa kegagalan.

Kami sekarang siap untuk melenyapkan lebih cepat dan sepenuhnya setiap perusahaan produktif yang dimiliki Jepang di atas tanah di kota mana pun. Kami akan menghancurkan dermaga mereka, pabrik mereka, dan komunikasi mereka. Jangan sampai ada kesalahan, kita akan benar-benar menghancurkan kekuatan Jepang untuk berperang.

Untuk menghindarkan rakyat Jepang dari kehancuran total, ultimatum 26 Juli dikeluarkan di Potsdam. Para pemimpin mereka segera menolak ultimatum itu. Jika mereka sekarang tidak menerima persyaratan kami, mereka mungkin mengharapkan hujan kehancuran dari udara, yang belum pernah terlihat di bumi ini.

Di belakang serangan udara ini akan mengikuti kekuatan laut dan darat dalam jumlah dan kekuatan yang belum pernah mereka lihat dan dengan keterampilan bertarung yang sudah mereka sadari.

Sekretaris Perang, yang terus berhubungan secara pribadi dengan semua fase proyek, akan segera mengumumkan pernyataan yang memberikan rincian lebih lanjut.

Pernyataannya akan memberikan fakta mengenai situs di Oak Ridge dekat Knoxville, Tennessee, dan di Richland dekat Pasco, Washington, dan instalasi di dekat Santa Fe, New Mexico.

Meskipun para pekerja di lokasi telah membuat bahan untuk digunakan dalam menghasilkan kekuatan destruktif terbesar dalam sejarah, mereka sendiri tidak berada dalam bahaya melebihi banyak pekerjaan lain, karena keselamatan mereka sangat diperhatikan.

Fakta bahwa kita dapat melepaskan energi atom mengantar era baru dalam pemahaman manusia tentang kekuatan alam. Energi atom mungkin di masa depan melengkapi kekuatan yang sekarang berasal dari batu bara, minyak, dan air yang jatuh, tetapi saat ini tidak dapat diproduksi untuk bersaing dengan mereka secara komersial. Sebelum itu datang harus ada penelitian intensif jangka panjang.

Tidak pernah menjadi kebiasaan para ilmuwan negara ini atau kebijakan Pemerintah ini untuk menahan pengetahuan ilmiah dunia. Biasanya, oleh karena itu, segala sesuatu tentang pekerjaan dengan energi atom akan dipublikasikan.

Tetapi dalam keadaan sekarang ini tidak dimaksudkan untuk membocorkan proses teknis produksi atau semua aplikasi militer, sambil menunggu pemeriksaan lebih lanjut tentang kemungkinan metode untuk melindungi kita dan seluruh dunia dari bahaya kehancuran mendadak.

Saya akan merekomendasikan agar Kongres Amerika Serikat segera mempertimbangkan pembentukan komisi yang tepat untuk mengontrol produksi dan penggunaan tenaga atom di Amerika Serikat. Saya akan memberikan pertimbangan lebih lanjut dan membuat rekomendasi lebih lanjut kepada Kongres tentang bagaimana kekuatan atom dapat menjadi pengaruh yang kuat dan dan kuat terhadap pemeliharaan perdamaian dunia. ***

Share.

About Author

Leave A Reply