Ketika Batik Indonesia Hebohkan “The Voice of Holland”

Karya batik memang selalu membuat kagum dunia. Tak terkecuali para pesohor manca negara yang menjadikan batik sebagai bagian dari penampilan dan gaya hidupnya. Beberapa waktu ini giliran publik Belanda dibuat kagum dengan penampilan salahsatu juri The Voice of Holland yang dengan bangga mengenakan sebuah jas batik bermotif emas. Penampilan juri Waylon   mendadak menjadi bahan perbincangan publik yang menyaksikannya, terutama  komunitas  masyarakat  Indonesia  yang tinggal di  Belanda.

“Wooow bangga banget batik Indonesia dipake Waylon tadi malam. Heboh bangeeet. Yang lebih heboh lagi ternyata yang membuat adalah seorang  mama dari teman kita  Mitos Haarlem”, komentar Vivi Soebono, salahsatu netizen  Facebook  yang aktif dalam komunitas Indonesians Living in Holland  tersebut.  Komentar tersebut langsung mendapatkan  banyak  tanggapan positif dari rekan-rekannya yang turut berkomentar, salahsatunya Mitos Haarlem yang bernama asli Wahyu Heri Sasmito, aktivis musik  Indonesia yang kini berdomisili di Belanda dan   aktif berkiprah bersama penyanyi  Indonesia Hengky Supit.  “Waylon Music thank you for wearing this batik colbert. You do us Indonesians proud! And me too. Proud of my mama!”, timpalnya terkejut usai menyaksikan malam final TVOH.

Wahyu Heri Sasamito ternyata memang merupakan anak dari pembuat  batik yang dikenakan Waylon. Sang ibu, Sri Utami Hadi, memang   sejak akhir tahun 80-an sudah malang melintang  mempopulerkan batik dan kebaya  disain rumahannya lewat  Trio Creation di Festival Tong-tong Fair Belanda.  “Alhamdullillah,  dari  disain-disain batik dan kebaya  rumahan tersebut  bertahun-tahun  saya  bisa  menyekolahkan  anak saya di sana.  Kadang saya mengirimkan beberapa pesanan batik saya  ke Belanda untuk biaya keseharian anak-anak saya yang bersekolah di Leuwarden.  Pasca pensiun dari PNS  dulu almarhum suami saya juga kadang ikut  membantu saya di Festival  Tong-tong Fair  yang berada di Maliveld, Den Haag. Belakangan setelah Bapak ngga ada, anak menantu saya  ikut membantu juga”, ungkap Sri Utami Hadi terharu menceritakan perjuangannya dengan Trio Creation batiknya.

Di tahun 2019, Ibu Sri Utami Hadi  memang  masih  terlihat aktif di booth Trio Creation miliknya yang berukuran  3×4  meter  pada  Festival  Tong-tong Fair  di Den Haag Belanda   didampingi  anak dan menantunya. Tong-tong Fair Festival memang merupakan ajang pameran tahunan produk seni dari beberapa negara yang diminati masyarakat Eropa.

“Dulu itu kita ngga tahu kalo yang mampir dan membeli  beberapa batik disain Ibu kami  itu artis Belanda  tersebut.  Saya juga bingung koq tiba-tiba di depan stand  saya  koq ramai  banyak orang yang meminta foto bersama  orang tersebut.  Setelah  beliau dan istrinya yang cantik bersama bayinya  tersebut beralih,  saya  baru mengetahui  kalo  dia artis Belanda”, kenang Kusnul Rachmawati, sang menantu yang sempat membantu Waylon memilih batik eksklusif  koleksi Trio Creation di  Stand-nya yang kepanjangan dari Stand  Trio Creation.

Penampilan  penyanyi   Willem Bijkerk yang lebih populer dengan nama  panggung  Waylon pada malam Final TVOH  tersebut memang terbilang spesial, terutama dengan jas  bermotif   batik karya  kreasi  Trio Creation Sri Utami Hadi tersebut.   Dengan  motif   batik  berwarna  emas  yang dilapisi prada tersebut, Wylon tampil   eksklusif  dan menawan  menjadi   juri di panggung spesial tersebut.   Dalam audisi TVOH  yang telah dimulai sejak 20 November 2020 tersebut, juri  menobatkan  penyanyi  muda  Belanda  Dani Van Velthoven  sebagai pemenang   The Voice of Holland  2021.

Waylon  merupakan penyanyi  asal  Belanda yang sempat melanjutkan  karirnya  di Amerika Serikat.  Waylon sempat  berduet bersama idolanya di Amerika Serikat, Waylon Jennings, dan mendapatkan nama panggung dari sang idolanya tersebut.  Pasca idolanya meninggal dunia  di  tahun 2002, Waylon kembali  ke Belanda untuk melanjutkan karir di tanah kelahirannya.  Waylon  dipercaya  menjadi  juri  sekaligus mentor  reality show  kompetisi  penyanyi   The Voice of Holland  (TVOH)  session 11  bersama   penyanyi populer Belanda lainnya  Anouk, Ali B dan Jan Smit. Keempat penyanyi  populer Belanda tersebut  ditunjuk untuk membentuk dan  menentukan bakat  terbaik  dari  peserta  TVOH 2021.

About Author

Leave A Reply