Sabtu, Juni 15
About

Kawasan Suryatmajan Yogya Jadi Destinasi Wisata Kampung Warna Warni

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INI JOGJA, Yogya — Pemerintah Yogyakarta terus berupaya memperbanyak destinasi wisata. Hal ini terkait pula untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu destinasi wisata Kota Yogyakarta yang menjadi adalah Kampung Wisata Suryatmajan. Kampung ini pada Kami, 16 Maret 2023, dideklarasikan sebagai Kampung Warna Warni.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, Kampung Suryatmajan dideklarasikan sebagai Kampung Warna-Warni karena sepanjang lorong kampung ini dihiasi dengan mural warna-warni.

Baca Juga : Ramadan di NET TV Bersama Kaesang Pangarep dan Drama Turki

Keadaan demikian, kata Wahyu, menjadikan kampung Suryatmajan unik dan memiliki ciri khas yang berbeda dengan kampung lain.

“Hampir sepanjang dinding lorong kampung ini terdapat lukisan mural yang sangat indah. Ini sangat menarik bagi wisatawan,” kata Wahyu.

Deklrasi Kampung Warna Warni Suryatmajan ditandai dengan pemukulan drum oleh Yudhy Aryanto (Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia), Indra Nitua (Direktur Tata Kelola Destinasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia), Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Wahyu Hendratmoko selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Baca Juga : Chicha Menangis Saat Prosesi Pemakaman Nomo Koeswoyo

Ada pun prasasti Kampung Warna Warni Suryatmajan akan dilakukan oleh Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta pada pekan depan.

Wahyu Hendratmoko menambahkan, program ini terlaksana karena dukungan dari perusahaan cat tembok PT ICI Paint Indonesia yang menyumbangkan sebanyak 800 kaleng cat tembok. Adapun pengerjaan lukisan mural warna-warni ini dilakukan oleh warga Suryatmajan secara gotong royong selama 20 hari kalender.

“Hal seperti ini kita memang mendorong dari awal, selain mencoba menyuguhkan alternatif destinasi wisata, kita coba kembangkan wisata berbasis komunitas yaitu Kampung Wisata, salah satunya Kampung Suryatmajan ini,” tutur Wahyu.

Baca Juga : Waspada, Penipu Catut Nama Kemenkes di Update SATUSEHAT Mobile

Selain itu, lanjut Wahyu, pihaknya juga mendorong masyarakat di Kampung wisata ini untuk berkolaborasi dengan dunia usaha dan kali ini PT ICI memberikan support berupa 800 kaleng cat sehingga warga Suryatmajan bisa berkreasi.

Sementara itu, Yudhy Aryanto selaku Country Commercial Head, PT ICI Paints menambahkan, pihaknya merasa bangga dapat mendukung warga Suryatmajan dalam Program Kampung Warna-Warni ini. Sebab, pihaknya meyakini dukungan ini nantinya akan membuat Kampung Suryatmajan itu menjadi kampung wisata yang indah dan menjadi tujuan kunjungan wisatawan.

Baca Juga : Bantul Bersiap Menjadi Kota Kreatif Dunia 

“Jika kunjungan wisata di kampung ini meningkat, hal tersebut akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakatnya juga,” ujar Yudhy.

Selain kampung Suryatmajan, lanjut Yudhy, PT ICI Paints juga memberikan support kepada beberapa kampung lain di beberapa kota yang ada di Palembang, Padang, Bandung dan Saratoga. Untuk kedepannya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kemenparekraf untuk mencari wilayah kampung wisata yang membutuhkan dukungan kreativitas seperti halnya Kampung Suryatmajan. ***

Share.

About Author

Leave A Reply