Minggu, Februari 25
About

Didukung PT PGN. Festival Balkonjazz 2022 Tampilkan Kahitna

Pinterest LinkedIn Tumblr +

INIJOGJA.NET, MAGELANG – Ajang pentas musik bergengsi bertajuk Balkonjazz Festival 2022 bakal digelar di destinasi wisata prioritas kawasan Borobudur, Sabtu (14/5/2022). Pentas akan berlangsung di venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo Borobudur, Magelang.

Balkonjazz Festival 2022 yang mendapat dukungan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk tak hanya gelaran musik, tapi juga ajang UMKM untuk mempromosikan produk-produk terbaiknya.

Balkonjazz Festival kali ini menampilkan beberapa musisi nasional populer di antaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani, Coldiac, dan Megantoro.

Dengan tagline The Energy That Heals, Balkonjazz Festival menggabungkan antara festival musik dan produk UMKM yang digelar di area Balkondes. Pagelaran diharapkan akan menjadi pemantik dalam mempromosikan potensi ekonomi lokal khususnya di sekitar Balkondes PGN Karangrejo dengan menumbuhkan ekonomi warga sekitar.

Sekretaris Perusahaan PT PGN, Rachmat Hutama, mengatakan bahwa melalui event festival ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, industri wisata, hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional, sekaligus mengawali geliat event di masa endemi.

“Balkonjazz Festival menjadi bagian dari pelaksanaan komitmen ESG di Pertamina Group untuk mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri dan ramah lingkungan, serta mendukung program pemerintah dalam mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Kawasan Borobudur,” ujar Rachmat, Minggu(24/04/2022).

“Promotor juga menghadirkan Pasar Balkon sebagai identitas yang telah melekat dengan Balkonjazz Festival. Pasar ini diperuntukkan dan dikelola secara khusus untuk menjual semua hasil produksi masyarakat lokal,” imbuh Rachmat.

Pengalaman di Balkonjazz 2019 membuktikan bahwa Pasar Balkon mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Testimoni para pengampu Pasar Balkon 2019 juga telah menunjukkan tren positif, hampir semua produk yang ditawarkan habis terjual pada hari pelaksanaan Balkonjazz.

Bakkar Wibowo selaku Founder Balkonjazz Festival dan Sinergi Live menjelaskan bahwa Balkonjazz Festival merupakan salah satu ikhtiar dalam industri kreatif khususnya seni pertunjukkan untuk ikut serta berkontribusi secara ekonomi kemasyarakatan secara nyata. Dia percaya bahwa dengan tetap meletakkan kreativitas dan inovasi akan mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Di era yang serba cepat dan modern saat ini, kami berupaya membuka ruang sebesar-besarnya untuk berkolaborasi dengan entitas lain, khususnya yang punya komitmen terhadap perkembangan ekonomi lokal atau gerakan sosial masyarakat. Apalagi Balkonjazz ini bisa kembali digelar setelah dua tahun off akibat pandemi,” kata Bakkar.

Kawasan Borobudur merupakan salah satu wilayah yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata. Baru-baru ini, PGN meresmikan Gasblock yang terletak di Balkondes PGN Karangrejo.

“Gasblock merupakan ikon terbaru dari Balkondes PGN Karangrejo sebagai perwujudan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, dan kaya akan budaya Indonesia,” imbuh Rachmat.

Gasblock dapat menjadi destinasi wisata yang memadukan antara indahnya bentangan hijaunya persawahan di bawah bukit Menoreh dengan Restoran berkelas di tengah persawahan dekat Candi Borobudur. Wisata Gasblock menambahkan beberapa fasilitas baru untuk meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan, serta menyajikan pemandangan persawahan yang dapat dinikmati oleh para pengunjung sambil berselfie ria.

Tersedia beberapa tiket dari kelas Festival, Regular Festival A+, Regular Festival B+, dan VIP. Semua tiket bisa didapatkan melalui kanal Loket.com.

“Dengan tagline The Energy That Heels, Balkonjazz Festival di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo dapat memancarkan pengaruh positif, memberikan penghiburan, membangkitkan optimisme dan menyembuhkan keterpurukan yang telah kita hadapi selama pandemi di hampir dua tahun terakhir ini. Termasuk membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas untuk terus bergerak dan maju dari situasi pandemi,” ujar Rachmat. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply