Di Tengah Aktivitas Gunung Merapi, Lutung Turun ke Ladang

Inijogja.net | DI TENGAH aktivitas Gunung Merapi, kini lutung-lutung mulai turun ke ladang warga. Diperkiraan hewan-hewan tersebut sudah setengah bulan lalu terlihat warga.
Meski sudah turun gunung, namum diketahui dengan pasti apakah hal itu dikarenakan faktor makanan atau terkait peningkatan aktivitas Gunung Merapi.
Kepala Resort Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Kemalang Siswanto mengatakan, terdapat lima ekor lutung yang mendekat ke kemukinan. Hingga kini terus diamati apakah turunya lutung tersebut karena dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Merapi, atau mungkin karena faktor ketersediaan makanan.
“Mestinya ketersediaan makanan masih ada di musim penghujan kan subur. Lutung kan makanannya daun-daunan. Tetap kita pantau apakah lutung ini hanya sekedar main di situ atau karena apa,” jelas Siswanto.
Selama status Merapi naik, Kepala Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Pujiati mengemukakan, juga menerima laporan jika ada 5 lutung yang turun hingga ke kawasan pemukiman di daerah Deles, Klaten. Hal ini merupakan hal yang wajar ketika satwa merasa tidak nyaman, mereka akan berpindah tempat. “Karena yang namanya satwa liar, itu punya naluri itu. Pasti bergerak kalau dia tidak nyaman, ke tempat yang lebih aman,” kata Pujiati. (dir)

About Author

Leave A Reply