200 Relawan Boyolali Dikerahkan Bantu Warga Terdampak Merapi

Inijogja.net | SEBANYAK 200 relawan dari berbagai unsur di Kabupaten Boyolali dikerahkan untuk membantu masyarakat terdampak Gunung Merapi. Mereka ditempatkan di berbagai posko di kawasan rawan bencana (KRB).
Para relawan tersebut antara lain dari unsur SAR, PMI, Lembaga Penanggulangan Bencana Nahdlatul Ulama, Tagana dan lainnya. Mereka sudah menjalani persiapan dan siaga sejak Kamis (12/11/2020) lalu.

Kurniawan Fajar Prasetyo.

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali,  Kurniawan Fajar Prasetyo, pihaknya bersama sukarelawan sejumlah 200 orang dari berbagai unsur bersiaga di sekitar KRB.
“Seluruh relawan akan mendatangi posko lapangan di Kecamatan Selo untuk menerjunkan 200 personel terkait dengan siaga Gunung Merapi,” kara Kurniawan kepada wartawan.
Tugas dari para surelawan tersebut antara lain membantu distribusi logistik, membantu mengevakuasi masyarakat jika memungkinkan, membantu lalu lintas di jalur evakuasi, membantu di bidang kesehatan, dan lain sebagainya. Semua sukarelawan yang dikirim merupakan personel terbaik yang memiliki bidang keahlian tersendiri.
“Semuanya yang datang ke lokasi adalah yang berspesialis khusus dan sudah kita terapkan dari awal,” terangnya.
Sebanyak 20 posko yang berada di Dukuh Stabelan, Bakalan dan Sepi akan dijaga oleh sukarelawan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum mereka bertugas, terlebih dahulu menjalani rapid tes untuk memastikan tidak ada Corona Virus Disease (Covid-19) di tubuhnya.
“Masing-masing posko 10 orang dengan keahlian masing-masing,” ujarnya.
Disinggung mengenai waktu tugas sukarelawan, pihaknya menyampaikan akan berlangsung hingga 31 Desember 2020. Masing-masing personel akan digeser dari posko di lapangan dan posko induk. (dir)

About Author

Leave A Reply